My Kampung Pura Bojonggede, Bogor

dedicated to our village

Lima Wali Kota Mangkir

Foto:Cahyo Nurdin/Warta KotaSEJUMLAH lima wali kota di DKI mangkir saat akan didengar keterangannya terkait dengan menjamurnya minimarket di DKI. Rapat kerja yang dihadiri oleh semua anggota Komisi A DPRD DKI itu berakhir dengan tangan hampa karena sejumlah wali kota itu mangkir tanpa alasan.

Komisi A DPRD DKI memanggil lima wali kota di DKI. Semua wali kota yang dipanggil itu mangkir tanpa keterangan, kecuali Wali Kota Jakarta Timur, Murdhani. “Dia tidak hadir karena akan cabut gigi, maka kami jadwal ulang pada Senin (7/3), mereka semua wajib datang!” kata Ketua Komisi A DPRD DKI, Ida Mahmudah, di Jakarta, Selasa (1/3)..

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD DKI, WA William Yani, menyatakan, pelanggaran terhadap aturan di DKI memang dilematis. Diakuinya saat ini yang disasar adalah waralaba. Masalahnya jika waralaba minimarket itu ditutup, tidak berarti usaha itu akan gulung tikar. Bisa saja usaha itu berubah menjadi warung serba ada tanpa mengusung merek Alfamart, Indomart, dan sebagainya.

Panitia Khusus (Pansus) minimarket di DKI segera dibentuk oleh DPRD DKI. Sejumlah fraksi di DPRD DKI setuju membentuk pansus minimarket. Pansus itu akan meneliti perizinan minimarket yang sudah menjamur.

Surat resmi pembentukan pansus itu telah disampaikan kepada Ketua DPRD DKI, Ferrial Sofyan. “Sudah diajukan dan jika tidak dilaksanakan, kami akan menggalang hak angket,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI, Mohammad Sanusi.

Alasan dibentuk pansus minimarket, menurut Sanusi, karena kegiatan itu meresahkan masyarakat. “Perda harus revisi secepatnya, umumnya menggunakan izin domisili, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dari Disdag (Dinas Perdagangan) DKI,” katanya seperti dilansir Warta KotaWarta Kota.

Selain itu, pansus akan berfungsi untuk mengetahui perizinan lain seperti izin
domisili dari camat dan lurah, izin gangguan (HO). Rata-rata minmarket diketahui tidak sesuai peruntukannya dan melanggar Instruksi Gubernur 115/2006 tentang penundaan izin minimarket. Pansus juga akan membuka pelanggaran terhadap Perda 2/2002 tentang perpasaran swasta.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: