My Kampung Pura Bojonggede, Bogor

dedicated to our village

Ngabuburit di Setu Babakan

Foto:Ahmad Sabran/Warta Kota

MENGISI waktu puasa saat liburan atau akhir pekan biasa dilakukan masyarakat dengan berkunjung ke tempat rekreasi. Bagi warga kawasan Jakarta Selatan, atau Depok, kawasan Setu Babakan yang terletak di Jalan Moh Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, bisa menjadi alternatif menarik selain pergi ke pusat perbelanjaan.

Kawasan wisata air ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Lokasi yang menawarkan keindahan danau alami itu menjadi tempat ngabuburit dan berbuka puasa favorit di kalangan muda-mudi.

Setu Babakan menawarkan suasana teduh dan asri yang dapat dinikmati di sekitar kawasan danau itu. Pengunjung juga bisa melihat dari dekat rumah dan kehidupan masyarakat Betawi di tempat ini.

Begitu memasuki kawasan setu, udara sejuk langsung terasa. Berderetnya pepohonan rindang berbagai jenis yang mengelilingi setu menambah sejuknya kawasan ini.

Wisata keliling danau

Selain bisa berteduh di kala cuaca panas, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana wisata seperti sepeda air, dan pemancingan.

Hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang, pengunjung sudah bisa mengelilingi danau seluas 20 hektar selama kurang lebih 15 menit. Perahu yang berbentuk bebek, atau binatang air lainnya ini biasa dimanfaatkan keluarga, atau pasangan muda yang ingin bercengkrama.

Berkunjung ke Setu Babakan sebaiknya dilakukan sekitar pukul 15.00 atau 16.00 ke atas. Sehingga berbagai kegiatan wisata air bisa dilakukan dengan nyaman.

Kendaraan pengunjung juga dapat diparkir di tepian setu sambil menikmati pemandangan yang indah. Atau bisa duduk di bangku- bangku di bawah pepohonan.

Jajanan betawi

Jika ingin berbuka di Setu Babakan, aneka jajanan bisa ditemui di warung-warung maupun pedagang pikul makanan khas betawi seperti kerak telor, cendol, soto Betawi, soto mi, dan lainnya. Selain itu ada pula minuman mulai dari es buah dan es kelapa, hingga minuman khas betawi, bir pletok.

Ageng, salah satu pengunjung Setu Babakan mengatakan, lokasi ini sangat nyaman untuk mengisi waktu ngabuburit. “Setiap Sabtu dan hari libur biasanya saya selalu ke sini, ngumpul sama teman-teman jadi puasanya nggak terasa lama,” ujar warga Beji, Depok, ini seperti dilansir Warta Kota.

Pengelola Setu Babakan juga memasang spanduk yang melarang pengunjung menyalakan petasan ataupun kembang api yang mengeluarkan bunyi keras demi menjaga ketertiban selama Ramadan. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, hanya saja bila membawa kendaraan bermotor harus membayar biaya parkir.

1 Comment»

  yudha wrote @

bang! pasang banner donkkkk……

situ babakan okeh…!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: